Rabu, 29 Desember 2010

Lalin sekitar GOR Senayan

Lalu-Lintas Senayan Mungkin Dialihkan Jelang Final AFF
Jakarta (ANTARA News) - Pihak kepolisian menyiapkan langkah antisipasi kepadatan lalu-lintas di kawasan Senayan dan sekitarnya menjelang pertandingan final Piala AFF antara Indonesia dan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu malam.

Informasi yang dihimpun dari Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Rabu diniharimenyebutkan, salah satu langkah antisipasi adalah pengalihan arus lalu lintas.

Kepala Bidang Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Kanton Pinem menyebutkan, rencana pengalihan diberlakukan secara situasional. "Pengalihan akan dilakukan jika dianggap perlu atau terjadi kemacetan," kata Pinem.

Skenario pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan dengan cara penutupan jalan layang (fly over) Senayan sehingga arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia akan diteruskan menuju Slipi.

Penutupan juga dilakukan untuk kendaraan yang memutar di kolong flyover Senayan yang diarahkan melalui Jalan Gatot Subroto menuju ke Slipi. Gerbang masuk Pintu VII Gelora Bung Karno akan ditutup. Kendaraan dari arah jalan layang Senayan dialihkan lurus menuju lampu merah Lapangan Tembak.

Jalur gerbang masuk pintu VIII dari arah barat lampu merah Lapangan Tembak dialihkan lurus menuju lampu merah Asia Afrika.

Arus lalu lintas di kawasan Plaza Senayan arah Istora Senayan dialihkan menuju lampu merah Asia Afrika dan keluar di pintu I Stadion Gelora Bung Karno.

Selain itu dilakukan penutupan jalan ke arah Kolam Renang Senayan, yang kemudian diarahkan menuju pintu V Stadion Gelora Bung Karno atau ke arah pintu I.

Polisi juga memberlakukan larangan parkir di beberapa ruas jalan, seperti jalan Asia Afrika tidak boleh parkir di sisi kiri dan kanan, termasuk juga di jalan Gerbang Pemuda, apalagi di Pintu I karena akan menimbulkan kepadatan.

"Apabila di ruas jalan tertentu terjadi kepadatan, kami akan lakukan pengalihan yang sifatnya situsional. Namun sifatnya hanya pengalihan sementara dan tidak ada penutupan," ujar Pinem.

Kepolisian mengimbau agar penonton tidak membawa kendaraan pribadi namun menggunakan angkutan umum jika ingin menonton.

Polda Metro Jaya sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta untuk mengerahkan angkutan umum guna mengangkut penumpang.

"Petugas juga akan menindak para suporter yang naik mobil di atas kap atau pun pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm," kata Pinem. Sebanyak 1.000 polisi lalu-lintas akan bertugas selama kegiatan final AFF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar