Kamis, 20 Oktober 2011

Bus Transjakarta Pasang CCTV untuk Antisipasi Copet

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Demi menekan tindak kriminal di dalam bus Transjakarta baik pencopetan ataupun pelecehan seksual, Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta akan memperketat pengawasan keamanan didalam bus dengan memasang kamera CCTV.

Kepala BLU Transjakarta, Muhammad Akbar, mengatakan pihaknya berencana setiap bus Transjakarta akan dipasang CCTV sehingga dapat memantau kondisi dalam bus Transjakarta. Saat ini baru satu bus Transjakarta yang dipasang empat unit CCTV di koridor V (Kampung Melayu-Ancol), yaitu bus gandeng dengan nomor GTM 65.

"Kami sudah tempatkan 1.575 petugas on board didalam bus Transjakarta di 10 koridor busway. Kami juga tempatkan 100 petugas keamanan di 100 halte busway," ujar Akbar, Rabu (19/10/2011).

Menurutnya ribuan petugas keamanan dalam bus mempunyai tugas untuk memantau dan mengawasi penumpang. Jika ada penumpang yang mencurigakan, maka petugas berhak untuk menegur penumpang tersebut. "Kalau ada kehilangan, lapor pada petugas didalam bus. Nanti petugas akan memeriksa seluruh penumpang saat berhenti di halte terdekat," imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar