Selasa, 25 Oktober 2011

Tewas Saat Tugas, Kapolsek Mulia Naik Pangkat

VIVAnews - Kapolsek Mulia Kabupaten Puncak Jaya, Papua, AKP Dominggus Otto Awes, menjadi korban kesadisan kelompok separatis saat bertugas di Bandara Mulia, Senin, 24 Oktober 2011. Mabes Polri pun menaikkan pangkat Dominggus.

"Kapolsek tewas dalam tugas. Pangkatnya naik satu klik menjadi komisaris. Surat keputusan dari Mabes Polri sudah ada," kata juru bicara Polda Papua, Wachyono, Selasa, 25 Oktober 2011.

Setelah sempat tertunda satu hari karena cuaca buruk, evakuasi jenazah Kapolsek Dominggus berhasil dilakukan hari ini. Jenazah Dominggus diterbangkan dari Mulia menuju Bandara Sentani dengan pesawat Trigana.

"Setelah tiba akan diusung ke RS Bhayangkara untuk diotopsi. Selanjutnya baru diserahkan ke pihak keluarga," jelas Wachyono.

Hingga saat ini, kepolisian masih mengejar pelaku penyerangan dan penembakan Dominggus. Menurut Wachyono, kepolisian bekerja sama dengan TNI untuk mengejar para pelaku yang diduga kuat masuk jaringan separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Menurut Wachyono, OPM kerap berulah di wilayah Puncak Jaya. "Mereka sebenarnya selama ini masuk dalam DPO, namun karena sulitnya medan, kami sangat kesulitan dalam menangkap. Mereka juga menggunakan sistem gerilya dengan membaur bersama masyarakat usai melakukan aksinya," tukasnya.

Untuk pengejaran ini, Polda Papua masih mengandalkan kekuatan di Puncak Jaya. "Kami menganggap personil yang ada di Puncak Jaya masih cukup, dan tidak perlu ditambah," singkatnya.

Wachyono juga meminta seluruh aparat di Puncak Jaya waspada karena ancaman OPM bisa datang setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar