Kamis, 05 Juli 2012

Asyik! Polisi Kini Bisa Kuliah Sambil Berdinas

E Mei Amelia R - detikNews

Jakarta Anggota polisi kini dapat melanjutkan pendidikan program sarjana tanpa harus pergi ke kampus. Dengan mendatangkan dosen ke kantor polisi, para anggota Korps Bhayangkara sudah dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sambil berdinas.

Guna memfasilitasi keinginan anggota untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ini, Kapolda Metro Jaya Irjen Untung S Rajab dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Yos Johan Utama meneken nota kesepahaman di Aula Utama Polda Metro Jaya.

Kapolda mengatakan nota kesepahaman dibuat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Polda Metro Jaya.

"Peningkatan SDM ini penting, ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu pengetahuan, keterampilan dan komitmen moral. Moral ini yang paling penting. Saya respon adanya MOU ini untuk peningkatan SDM di kepolisian," ujar Untung di Mapolda Metro Jaya, Rabu (27/6/2012).

Penandatanganan MOU tersebut dihadiri Wakapolda Metro Jaya, kapolres-kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya serta Dekan Fakultas Hukum Undip, Yos Johan Utama beserta stafnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Undip, Yos Johan Utama mengatakan saat ini dirinya menilai sudah ada peningkatan kualitas dari SDM Polri. Animo polisi yang ingin melanjutkan pendidikan umum juga tinggi.

"Saya lihat untuk saat ini kualitas SDM Polri ada peningkatan. Itu semua kan diikuti dengan perkembangan zaman. Polri sudah mulai berubah. Salah satunya ya dengan adanya MoU ini," jelas Yos.

Yos mengatakan program khusus ini terbuka bagi setiap anggota Polri, tidak hanya yang berdinas di Polda Metro Jaya saja. Pendaftaran bagi para anggota polisi diperlakukan sama dengan calon mahasiswa lainnya mulai dari S1 hingga S3.

"Ya silakan saja ini terbuka, yang mau S1, S2, dan S3 silakan tinggal mendaftarkan saja," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, pendaftaran untuk ajaran 2012 ini sudah mulai dibuka. Para calon mahasiswa dari kepolisian yang ingin mendaftar harus mengikuti persyaratan melalui tes potensial akademik yang berlaku.

"Cara pendaftarannya sama seperti calon mahasiswa lainnya dan biayanya juga sama dengan lainnya," kata Rikwanto.

Bedanya, kata dia, setiap anggota polisi yang nanti lolos dalam seleksi dapat mengikuti perkuliahan tanpa harus datang ke kampus. Para anggota polisi dapat melakukan perkuliahan di Polda Metro Jaya.

"Nanti kuliahnya bisa di gedung utama atau di gedung Biro Operasi kan tersedia ruangan yang cukup. Dosennya nanti yang datang," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar