Selasa, 31 Mei 2011

Aparat Harus Siap Hadapi Bencana Dieng

Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Bibit Waluyo, meminta seluruh aparat pemerintah di wilayah Kabupaten Banjarnegara, khususnya yang berada di sekitar kawasan Dataran Tinggi Dieng, meningkatkan kesiagaan menghadapi ancaman bencana alam di daerah itu.

"Lurah, camat hingga bupati harus meningkatkan kesiapsiagaan serta mengutamakan keselamatan masyarakat dalam menghadapi kondisi ini," kata gubernur di Semarang, Senin.

Ia mengimbau, masyarakat sekitar kawasan Dataran Tinggi Dieng tetap tenang sekaligus waspada dalam menghadapi peningkatan aktivitas Kawah Timbang di wilayah tersebut.

"Jangan panik, karena justru akan menimbulkan hal-hal yang kurang produktif," katanya.

Selain itu, Bibit juga meminta petugas yang berkaitan dengan vulakonologi dan geologi Pengunungan Dieng untuk proaktif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Menurut dia, informasi tentang perkembangan kawah yang mengadung karbondioksida (CO2) dengan kadar cukup tinggi ini harus jelas dan segera disampaikan ke masyarakat.

"Jika ada informasi dari petugas yang berwenang, rakyat harus menurut. jangan nekat," katanya.

Sementara itu, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan, konsentrasi gas karbondioksida yang dikeluarkan Kawah Timbang di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, cenderung meningkat

"Konsentrasi gas karbondioksida (CO2)dataran Tinggie Dieng cenderung meningkat, meskipun aktivitas kegempaannya menurun," kata petugas Quick Respons Team Badan Geologi, Umar Rosadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar