Jumat, 27 Mei 2011

Dishub DKI: Kalau Mau Mogok, Ya Mogok Saja

Lia Harahap - detikNews

Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tetap meneruskan kebijakannya mengatur jam operasional angkutan berat sejak pukul 05.00 WIB-22.00 WIB. Yakin bahwa kebijakan ini cukup membawa dampak positif, Dishub tak mau ambil pusing dengan ancaman aksi mogok massal yang dijadwalkan Organda hari ini.

"Kalau mau mogok ya mogok saja. Itu hak dan kita tidak bisa melarang," ujar Wakil Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Riza Hasyim, kepada detikcom Jumat (27/5/2011). Hal itu dia sampaikan saat dimintai tanggapannya soal aksi mogok operasi yang diwacanakan Organda.

"Yang jelas ini efektif untuk mengurangi kemacetan," tambahnya.

Terkait dengan rapat yang dilakukan tadi malam bersama Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Riza menegaskan belum ada hasil. Dia hanya menjelaskan siang ini rapat akan kembali dilanjutkan.

"Rapat belum ada kesimpulan, nanti ada lanjutannya jam 14.00 WIB setelah salat Jumat di Kemenko Perekonomian," ucapnya singkat.

Hingga pukul 06.40 ini, Ketua Organda DKI Soedirman belum juga bisa dihubungi terkait rencana mogok massal yang dia sampaikan beberapa hari sebelumnya. Hanya saja, menurut Ketua Umum DPP Organda Eka Sari Lorena Soerbakti, karena belum adanya kesepakatan dalam rapat tadi malam, Organda berencana tetap akan menghentikan operasionalnya hari ini.

"Kemungkinan untuk DKI tetap (mogok)," ujar Eka usai rapat di Kantor Kemenko Perekonomian Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/5/2011) malam.

Pada rapat tadi malam, Organda merasa belum ada jaminan yang jelas atas permintaan mereka. Selain itu karena rapat berakhir sudah sangat malam, dan kesepakatan mogok sudah lebih dulu direncanakan, Eka mengaku tidak punya waktu untuk menyampaikan kesimpulan rapat ini pada anggota mereka.

"Kemungkinan mogok karena gimana ngumpulin (anggota), ini sudah malam semua, kantor truk nggak semua kantornya yang bisa ditelepon untuk umumkan supaya tidak mogok, sudah jam berapa ini dan siap yang tahu (ada kuputusan rapat malam ini jadi mogok atau tidak)," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar