Sabtu, 21 Mei 2011

Rasuna Said ke Casablanca Ditutup, Aspal Jalan Mulai Dibongkar

Mohammad Rizki Maulana,Mohammad Rizki Maulana - detikNews

Jakarta - Sisi selatan Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan mulai ditutup hari ini dalam rangka pengerjaan Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang. Saat ini, pengerjaan masih dalam tahap pembongkaran aspal untuk menanam pondasi.

"Sekarang pekerjaan masih dalam tahap pembongkaran aspal untuk menanam pondasi jalan layang," ujar Supervisor Operasional dari PT WIKA dan PT Jaya Konstruksi, Thole kepada detikcom di lokasi pengerjaan pondasi jalan layang, Casablanca, Jakarta Selatan, Sabtu (21/5/2011).

Thole menjelaskan, pondasi-pondasi jalan layang tersebut nantinya akan ditanam ke dalam aspal. "Pondasi nantinya ditanam ke dalam aspal," tuturnya.

Untuk setiap pengerjaan pondasi yang berakibat pada ditebangnya pohon, pihak konstruksi akan melakukan penggantian dengan menanam pohon di lokasi lain di Jakarta Utara. Hal ini dilakukan demi menjaga keseimbangan lingkungan.

"Setiap pondasi yang kena pohon akan diganti dengan 10 pohon, yang akan ditanam di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Setiap 1 pohon diganti dengan 10 pohon dengan jenis yang sama, tapi yang ukuran 20 cm," jelas Thole.

Kendati demikian, Thole mengatakan pengerjaan pondasi ini akan diupayakan untuk tidak 'mengorbankan' pohon-pohon yang ada di jalan. "Sebisa mungkin tidak kena batang, kita pangkas dahan-dahannya saja," ucapnya.

Penutupan jalan dari arah Rasuna Said ke arah Casablanca akan dilakukan selama 2 bulan ke depan. Saat ini, penutupan baru diberlakukan bagi jalur Kuningan menuju Casablanca. Untuk jalur sebaliknya masih dibuka.

"Untuk saat ini yang ditutup hanya jalan dari arah Kuningan menuju Casablanca. Untuk jalan dari Ambasador menuju Kuningan belum ditutup," tandas Thole.

Penutupan ini dilakukan di jalan HR Rasuna Said sisi Selatan sepanjang kurang lebih 103 meter. Meski begitu ada sejumlah jalur alternatif yang bisa dilalui sesuai dengan informasi yang disampaikan TMC Polda Metro Jaya.

Jalan alternatif yang dapat dilalui dari arah Selatan (Kapten Tendean / Pancoran) yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) selama penutupan tersebut berlangsung antara lain:

1. Jalan Mampang Prapatan - Jalan HR Rasuna Said - Kedutaan Besar Singapura/Polandia belok kiri - Jalan Gilimanuk - TL Gilimanuk belok kanan - Jalan Denpasar Raya - Jalan Prof Dr Satrio dan seterusnya.

2. Jalan Mampang Prapatan - Jalan HR Rasuna Said - Kedubes Singapura/Polandia belok kiri - Jalan Gilimanuk - Jalan Mega Kuningan - Lingkar Mega Kuningan - Menara Danamon belok kiri - Jalan Prof Dr Satrio dan seterusnya.

3. Jalan Mampang Prapatan - Jalan HR Rasuna Said - Kedubes Belanda belok kiri - Jalan Denpasar Raya - Jalan Prof Dr Satrio dan seterusnya.

4. Jalan Mampang Prapatan - Jalan HR Rasuna Said - Kedubes Belanda belok kiri - Jalan Mega Kuningan - Lingkar Mega Kuningan - Menara Danamon belok kiri - Jalan Prof Dr Satrio dan seterusnya.

5. Jalan Mampang Prapatan - Jalan HR Rasuna Said - Jalan Denpasar Selatan - belok kanan - Jalan Denpasar Raya - Jalan Prof Dr Satrio dan seterusnya.

6. Jalan Mampang Prapatan - Jalan HR Rasuna Said - Jalan Denpasar Selatan - belok kanan - Jalan Denpasar Raya - belok kiri - Jalan Mega Kuningan - Lingkaran Mega Kuningan - Menara Danamon belok kiri - Jalan Prof Dr Satrio dan seterusnya.

Sedangkan yang hendak melintas dari arah jalan Prof. DR Satrio/Tanah Abang yang akan menuju arah Pancoran/Mampang dapat melalui jalur berikut.

1. Jalan KH Mas Mansyur - Jalan Prof Dr Satrio - lewat underpass Casablanca - berputar di Jalan Casablanca - Jalan HR Rasuna Said dan seterusnya.

Dari arah jalan Prof. DR. Satrio (Bagian Utara) menuju jalan Prof. DR. Satrio bagian Selatan dapat melalui:

2. Jalan Mas Mansyur - Jalan Prof Dr Satrio (bagian utara) - underpass Casablanca - U Turn Jalan Casablanca - underpass Casablanca - Jalan Prof Dr Satrio (bagian selatan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar