Minggu, 05 Juni 2011

Libur Panjang, TransJakarta Sesak Penumpang

VIVAnews - Libur panjang yang berlangsung Kamis hingga Minggu, 2-5 Juni 2011, banyak dimanfaatkan warga Jakarta berlibur ke tempat-tempat wisata. Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kebun Binatang Ragunan, merupakan beberapa tujuan wisata.

Bus TransJakarta, salah moda transportasi di Jakarta juga turut kebanjiran penumpang. Sebabnya, tak lain karena moda ini sangat mudah dan murah membawa penumpang hingga ke tujuan wisata.

Ketua Badan Layanan Umum TransJakarta, M Akbar, membenarkan adanya lonjakan penumpang yang mengarah ke tempat wisata saat liburan. "Kami sudah mengantisipasi," kata dia saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Minggu 5 Juni 2011.

Menurut Akbar, biasanya jika libur panjang peningkatan penumpang jauh lebih besar dibandingkan dengan libur akhir pekan biasa. Namun, dia belum bisa memastikan berapa persen peningkatan penumpang saat libur panjang kali ini. "Mungkin Senin datanya sudah keluar," katanya.

Menurut dia, TransJakarta merupakan sistem jaringan, sehingga saat jalur tujuan wisata penuh, bisa menggunakan bus koridor lain yang sepi. Dengan demikian, seluruh penumpang bisa terangkut.

Akbar menambahkan, waktu sibuk TransJakarta terjadi pada pukul 10.00-11.00 WIB untuk keberangkatan dan pukul 18.30-20.30 WIB untuk kepulangan, khususnya di Koridor V (Kampung Melayu-Ancol) dan Koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas). "Biasanya penumpang menumpuk saat hendak pulang," Akbar. (art)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar